Selasa, 16 September 2014

Xperia M unlock bootloader & re-lock bootloader

Unlock and Lock bootloader Xperia M

nah kali ini saya akan berbagi cara unlock dan relock bootloader pada xperia m. nah fungsi dari unlock bootloader sendiri adalah untuk memudahkan kita untuk menginstall custom rom dan membuat kita bebas mengoprek si xperia tanpa khawatir ada gangguan sedikit pun.

namun kerugian dari unlock bootloader adalah dapat membuat garansi kita menjadi hangus dan tidak dapat digunakan lagi. namun jangan khawatir, disini saya akan memberitahu bagaimana cara unlock bootloader dan relock bootloader yang aman

PERHATIAN MELAKUKAN UNLOCK BOOTLOADER DAPAT MEMBUAT GARANSI ANDA HANGUS DAN XPERIA ANDA AKAN MELAKUKAN FORMAT DATA PADA SAAT MERESTART, JADI DIMOHON UNTUK MEMBUAT BACKUP TERLEBIH DAHULU JIKA INGIN MELAKUKAN PROSES INI. INI JUGA BERLAKU UNTUK PROSES RE-LOCK BOOTLOADER.

1. Cara unlock bootloader
 - backup TA partition anda terlebih dahulu..
1. pastikan usb debugging pada xperia m anda menyala, jika sudah jalankan program Backup-TA.bat
2. pilih menu 1 untuk backup dan pilih y untuk melanjutkan, jika sudah keluar proses ini maka proses backup selesai


download backup-ta.bat (disini)
- dapatkan IMEI kode
1. ketik *#06# pada dialer anda dan catat imei kode anda dan masuk ke website sony disini.
2. ceklist kedua pilihannya dan pilih i accept dan isikan imei codenya dan pilih submit
3. nah jika sudah maka kode unlock bootloader akan dikirimkan ke email anda

-unlock bootloader
1. install flashtool-driver.exe (download disini)
2. ekstrak adb_fastboot_other_tools..zip (download disini)
3. jika sudah matikan xperia anda lalu tekan vol up sampai koneksi kan ke pc untuk masuk ke fastboot mode
4. buka folder adb_fastboot_other_tools.zip, kemudian tekan ctrl+shift pada folder tersebut dan pilih open in command windows here
5. jika xperia anda sudah terdeteksi masukkan perintah dibawah ini
fastboot.exe -i 0x0fce getvar version
6. lalu ketikkan lagi kode ini
fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0x(kode unlock bootloader yg dikirim ke email anda)
7, tunggu sampai tulisan okay dan xperia anda akan merestart
8. jika sudah menyala masuk ke dialer dan ketik *#*#7378423#*#* kemudian pilih service info, setelah itu configuration dan lihat apakah sudah bootloader unlock:yes, jika kode tersebut sama maka bootloader anda sudah terunlock jika belum maka akan muncul tulisan bootloader unlock allowed:yes

2. Cara Lock bootloader
1. pastikan usb debugging anda aktif
2. jalankan program backup_ta.bat
3. pilih menu 2 untuk me restore drm keys yang terhapus akibat unlock bootloader
4. jika sudah maka xperia anda akan merestart dan buka aplikasi dialer ketikkan *#*#7378423#*#*
dan pilih kemudian pilih service info, setelah itu configuration dan lihat apakah muncul tulisan bootloader unlock allowed:yes, jika muncul maka bootloader anda sudah terunlock. namun jika tulisannya adalah bootloader unlock:yes maka bootloader anda masih terunlock.
Pendapat :

15 komentar:

Sayhakru rify mengatakan...

apakah ini berlaku untuk 4.3 jg?.
soal.nya belum nyoba, ane make yg downgrade 4.1 dulu terus upgrade ke 4.3 ,yg ane sayangin kalo pake cara ini itu saat 4.3 masih 15.4.A.0.23 tidak bisa update ke 15.4.A.1.9,ngga bisa mod dengan penuh.kalo flash ke 4.3 15.4.A.1.9 ga ada yg global generic,yg ada hanya ubranded aja(kalo ada firmware 4.3 15.4.A.1.9 Global generic upload ya gan :D ) karena semua link mati.
jd pertanyaannya cuma diparagraph 1 aja.

Dicky Herlambang mengatakan...

ini juga bisa buat yang 4.3 juga gan, coba saja untuk link stock romnya disini gan Download langsung download aja gan :D flash via flashtool ya

Ryan Harahap mengatakan...

apa setelah unlock bootloader restart hp nya lama ?

Dicky Herlambang mengatakan...

Memang rada lama gan, Kalo terlalu lama. Agan coba flash ulang aja gan firmwarenya Dari flashtool gan

anand setiyadi mengatakan...

Gan, ane udh buka file adb...zip, trus muncul kotak untk ekstrak file, habis itu ane tekan ctrl+shift tapi gk ada muncul apa-apa. Mohon dibantu gan,ane pake windows 8. Dan saran dari saya buat postingan ini sebaiknya agan tambahkan screenshot setiap proses agar lebih mudah

Dicky Herlambang mengatakan...

gan win 8nya sudah terinstall java jdk belum? coba install dulunya javanya, biasanya dia tidak akan mengeksekusi jika tidak ada java gan.

Dicky Herlambang mengatakan...

mengapa agan tidak mencoba untuk unlock dari flashtool gan? dia lebih mudah gan. agan hanya perlu mengklik icon blu dan ikuti petunjuknya, setelah itu masukkan id unlocknya dan tunggu prosesnya gan?

anand setiyadi mengatakan...

Intall flashtool, components apa yg diinstal? Fastboot driver gan?

Dicky Herlambang mengatakan...

Fastboot driver, flashmode driver Sama common driver for Nicki Gan :)

anand setiyadi mengatakan...

Common driver gk ada gan,kalau ada bbm invite pin ane ya gan 7e5e51e2 supaya lebih mudah nanya ke agan

Dicky Herlambang mengatakan...

Coba Cari dibawah Gan, kalau gak tu lihat di detailnya. Kalau Ada tulisan Nicki nya pake yg itu aja Gan

Mia Dewi mengatakan...

kalo restartnya lama di gimanain gan?

dhanie chiongka mengatakan...

Gan kan posisi sekarang udah di UBL,kalo mau di relock lagi gimana? Bisa?soalnya dulu lupa backup ta..

Dicky Herlambang mengatakan...

+mia dewi, coba di flash ulang pake flashtool aja bu. tapi ceklist pilihan yang ada wipe data nya. jadi biar bisa ke reset dan masuk ke menu home nya

Dicky Herlambang mengatakan...

kayaknya gak bisa di relock lagi gan, soalnya kalo mau relock perlu partisi TA nya gan.