Minggu, 15 November 2015

AOSP 6.0 MRA58V for Xperia M Alpha 2 UPDATED


AOSP 6.0 MRA58V for Xperia M Alpha 2

Nah setelah lama tidak update blog karena beberapa eksperiment, kali ini saya akan membagikan suatu update custom rom untuk xperia m dengan android 6.0 (Marshmallow). Nah android yang merupakan perkembangan dari android 5.1.1 sudah dirilis sejak bulan september kemarin, ada banyak fitur dan keunggulan yang terdapat di android m ini, seperti :
- Penghematan penggunaan baterai (doze)
- Perubahan tampilan pada launcher dan app drawer
- Terintegerasi secara langsung dengan Google dan tambahan fitur baru yaitu Google Now On Tap
- Perubahan pada notification dan quick setting dan fitur eksperimental SystemUI Tuner
- Pengadopsian memory eksternal menjadi memori internal untuk menambah kapasitas memori internal yang rendah pada perangkat
- peningkatan fungsi pada RAM manager dan integrasi google settings pada aplikasi settings
- penambahan fitur app permission 
- dan masih banyak lagi
Untuk lengkapnya bisa lihat disini

Dan sekarang perangkat xperia m pun juga mendapatkan dukungan android 6.0 dari AOSP, sehingga kita dapat merasakan beberapa fitur unggulan dari android M itu sendiri.

Nah ini changelog dari AOSP MRA58V:
ALPHA 2 2015/07/11
Diperbarui source platform ke Android-6.0.0_r5 (MRA58V)
Perbaikan pada fitur penyimpanan adoptable
Perbaikan fitur pada transfer Bluetooth dengan beberapa format
Perbaikan pencarian jaringan manual dan nama pembawa
Perbaikan Versi Baseband
Perbaikan Musik kesalahan app
Perbaikan kompas
Ditambahkan hilang daya HAL
Ditambahkan restart pilihan
Diaktifkan sopir Adreno RS
optimasi kinerja

ALPHA 1 22-10-2015
Peluncuran pertama

Dan ini adalah screenshotnya :


 

Nah dan ini adalah beberapa bug dari custom rom ini. (karena masih dalam versi alpha custom rom ini memiliki beberapa bug dan sebagian dari bug sudah berhasil saya perbaiki)
- Mtp / ptp
- Rotasi otomatis mati setelah perangkat dalam keadaan tidur dan memakan waktu lama
- Perangkat Dual SIM tidak bekerja

Nah ini adalah cara penginstalannya,,
Sebelum menginstall custom rom ini ada beberapa catatan yang harus diperhatikan terlebih dahulu :
1. perangkat xperia anda harus sudah dalam kondisi unlock bootloader, untuk cara unlock bootloader dapat dilihat disini
2. ini hanya untuk perangkat xperia m single sim saja, jika anda dual sim diharapkan untuk tidak mencoba ini
3. ini hanya untuk perangkat xperia m yang memiliki stock os 4.3 saja ya, jika dibawah 4.3 harap update dulu ke 4.3
4. anda harus membackup seluruh data yang terdapat pada memori eksternal anda, karena pada saat anda berhasil booting dan masuk ke tampilan home android 6.0, anda akan diminta untuk memilih fungsi pada memori eksternal anda. apakah ingin menjadi penyimpanan biasa saja atau untuk penambahan memori internal.
Jika anda memilih untuk penambahan memori internal maka selanjutnya android akan mulai memformat memori anda dan mensesuaikan untuk android 6.0. maka seluruh data anda akan terhapus dan memori anda akan dimulai seperti baru, jika proses berhasil maka akan muncul notifikasi seperti ini.

Perhatian untuk menggunakan fitur ini harap menggunakan memori eksternal sdcard class4 untuk minimumnya ( untuk berjaga-jaga karena fitur ini masih belum stabil), namun jika anda tidak memiliki nya saya rasa fitur ini dapat bekerja namun akan muncul notifikasi memori kecepatan rendah. dan proses tetap berhasil. (jika ada pilihan untuk move internal data to external pilih move untuk melanjutkan)

Selanjutnya lihat pada Settings - Storage and USB (jika berhasil maka memori internal anda akan menyatu pada memori eksternal anda. lihat gambar dibawah.


5. Untuk bug pada MTP/PTP dapat diatasi jika anda ingin memindahkan data dari pc ke hp dengan kabel data anda harus melakukan hal ini terlebih dahulu sebelum memindahkan data atau menyambungkan kabel data dari hp ke pc.
buka aplikasi settings lalu pilih developer option (jika developer option belum muncul pilih about device pada menu settings dan cari bagian build number lalu tekan hingga 7x atau lebih)
jika sudah lalu cari bagian Select USB Configuration dan pilih bagian tersebut dan akan muncul beberapa pilihan seperti pada gambar dibawah ini.

                        
biasanya pilihan awal ada pada Charging only, lalu pilih ke MTP . jika sudah cek kembali pada bagian select usb configuration. apakah sudah berubah menjadi MTP atau belum, jika belum lakukan lagi cara yang sama , jika sudah anda dapat menyambungkan kabel data dari hp ke laptop sekarang untuk memindahkan data dengan nyaman. (cara ini harus dilakukan di setiap anda ingin menggunakan kabel data atau memindahkan data ke pc atau sebaliknya)

Nah jika semua catatan tadi sudah diperhatikan maka anda aman untuk melanjutkan untuk menginstall custom rom ini, nah ini adalah cara penginstalanya.
1. copy data ke ext sdcard yang telah di download dan masuk ke recovery mode (Disarankan untuk menggunakan TWRP, bisa di lihat di disini)
2. jika sudah masuk ke twrp lalu masuk ke menu wipe dan pilih advanced wipe, jika sudah pilih system,data,dalvik-cache,cache dan internal storage
3. jika sudah keluar dan masuk ke menu install, lalu install AOSP.zip supersu.zip dan gapps.zip
4. jika sudah silahkan menunggu dan lihat marshmallow berjalan pada xperia m anda :D

nah bagaimana tertarik untuk mencoba? Nih download link nya...

AOSP_6.0-nicki.zip
SlimGapps_6.0.zip
BetaSuperSU.zip

nah jika ada yang memiliki pertanyaan silahkan tanyakan saja disini :)
Pendapat :

0 komentar: